Laman

Sabtu, 17 November 2012

http://sexualityanddisability.org

Blog walking dan nemu blog menarik dari artikel di : Gaya Nusantara , yang isinya launching Blog Series yang berbagi konten pengetahuan tentang seksualitas yang ditujukan kepada  perempuan dengan kebutuhan khusus.

Seperti yang dikutip dari kolom "About Us" mereka : 

sexualityanddisability.org is constructed as a bunch of questions a woman with a disability might have - about her body, about the mechanics and dynamics of having sex, about the complexities of being in an intimate relationship or having children, about unvoiced fears or experiences of encountering abuse in some form.
sexualityanddisability.org discusses a wide range of topics related to sexuality without shying away from them - parts of it are explicit. People have different views of what is and isn't appropriate and we've included them all.


Sexuality & Disability adalah proyek bersama : Point of View and CREA , organisasi nirlaba yang peduli pada edukasi seksual untuk perempuan dengan kebutuhan khusus.
Yang lebih kerennya lagi, penulis tetap dari blog ini adalah seorang perempuan yang dengan gangguan penglihatan (gue ga tau padanan tepatnya untuk impaired vision - apakah tepat dengan kata "tuna netra")  bernama :  Nidhi Garima Goyal .

Di blognya kita mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan seksual , how to do this and that (ya you know what I mean - they got cute headers about it ! tihihi) .
Gue pribadi takjub,ngerasa tersentil, banyak banget blog ataupun laman-laman yang membahas edukasi seksual untuk orang-orang "normal", tapi mana yang bisa membantu untuk paham setidaknya memiliki informasi dasar yang bisa berguna untuk teman-teman yang memiliki kebutuhan khusus??
Thank God, founder blog ini mendapat pencerahan untuk memulainya.

Lo sering nonton Glee kan? Ada tokoh Artie yang lumpuh dan harus menggunakan kursi roda. Ga jarang dia merasa terpinggirkan karena 'kondisi"nya. 
Walaupun Artie seorang musisi dan penari yang berbakat, dia tetap punya kesulitan untuk bisa "mengikuti" kegiatan-kegiatan yang umumnya bisa dilakukan oleh teman-teman sebayanya.
(ingat eps Artie pengen jadi pemain Football hanya demi memikat gebetan atau nyaris ga bisa ikut perlombaan, karena bis yang mereka gunakan tidak memiliki akomodasi untuk kursi rodanya)

What if , kita yang di posisi mereka?
Mereka bukan robot yang ga punya kebutuhan seksual, mereka sama aja kaya kita pada umumnya, dengan kebutuhan yang sama, hanya part of his/her body yang ga berfungsi.
Di luar itu mereka sama.

Ada satu share di blog ini yang menyentuh, share dari pembaca yang partnernya tiba-tiba mengalami kecelakaan dan harus diamputasi salah satu tangan dan kakinya. 
Ketiadaan tangan dan kaki si partner ga mengurangi rasa cintanya, tapi jadi bikin agak "ganjel" adalah saat mereka ingin berhubungan seksual. 

Gue jadi mikir lagi, if it ever happens to me or my partner (amit2) , sumber informasi seperti yang di blog ini akan sangat membantu.

Blog ini ga cuma berguna untuk penyandang kebutuhan khusus tapi juga keluarga, sahabat, partner dan lingkungan sekitarnya.
Ada cara-cara pencegahan pelecehan seksual, support secara moral untuk berkegiatan sosial, dll.

So go check it out, read and share. =)


ps : check as well this blog : http://cripwheels.blogspot.in/ --- gaya nyinyirnya gue suka, nendang-nendang perut gitu bacanya. =D
pss : ini yang nulis Lushka, sukanya kalo tulisan serius dikit, disangkainnya mithya, emang gue ga bisa apa? ha? ha? ha? hihihi

**image taken from http://cripwheels.blogspot.in/ **

Tidak ada komentar: