Laman

Senin, 26 Agustus 2013

Surat cinta untuk community

Gue mau sharing kegembiraan dikit. Kegembiraan pribadi sih. Ngga penting-penting amat. Tapi gue happy sama aktivitas gue yang satu ini hehe...Gue di awal tahun ini masuk suatu komunitas yang sebenarnya ngga begitu dikenal bahkan mungkin orang-orang ngga tau keberadaannya. Komunitas ini berdiri atas kecintaan mereka terhadap suatu judul franchise. Bukan Glee kok hehe..walaupun kalau gue bisa nemuin komunitas gleek indonesia yg serius, gue jabanin juga nih. Anyway, gue pilih untuk ngga menyebut nama komunitas ini demi keamanan anonimus pribadi dan supaya ngga dikira gue punya agenda lain untuk masuk komunitas tersebut. Because, nope, I dont have any other agenda. I'm a big fan of this franchise. Tapi gue juga punya sedikit uneg-uneg dan kritik yang bisa berlaku untuk komunitas apa pun.

Gue sebut "kecintaan" karena dari yang gue amati, mereka bukan hanya sekedar "suka" lagi. Beneran CINTA. Kenapa? Karena sebagian besar "pentolan" mereka adalah fans hardcore dari franchise ini. Usia "pengikutnya" beneran dari anak SD sampai yang udah masuk usia kakek gue. Tapi kalau udah ngomongin si franchise..BEH. Gue beneran minder. Berasa baby banget. Di lain sisi, ngeliat betapa antusiasnya para anggota komunitas ini, gue jadi terpacu untuk belajar lebih lanjut tentang si franchise. I am determined to be one of them tahun ini juga!


Secara keseluruhan, ketika gue awal berkenalan, mereka orangnya sangat open dan ramah dengan anggota baru. And I couldn't be more happier to be welcomed in such a warm way. Walaupun gue grogi gila waktu pertama kali hang out, dikelilingi sama yang usianya rata-rata cuma dibawah dikit sama usia ortu gue, gue ngerasa bisa join dengan mereka lebih lanjut.

THE PROBLEM IS. Sesuai dengan yang gue takuti, ketika ada sekelompok orang yang ngefans gila dengan sesuatu, atau kalau mau disebut lebih sederhananya, fanatik, biasanya sekelompok orang itu akan merasa lebih keren atau lebih baik dari orang-orang yang bukan kelompok mereka. Gue ngga bilang semua komunitas gitu lho..bahkan di komunitas ini pun, ngga semuanya seperti itu juga. Tapi gue menemukan beberapa fanatik melalui komentar mereka tentang franchise lain. Ironisnya, si franchise sendiri paling terkenal dengan nilai-nilai persamaan hak mereka. Tapi para fanatiknya yang mengelu-elukan nilai tersebut malah berlaku sebaliknya. hihi...kok gue berasa kayak ngomongin sekte agama ya? Ngga jauh sih menurut gue. Kalau si particular franchise ini diibaratkan dengan agama Islam, gue bisa bilang kalau gue sama dengan JIL. Kalau perlu agnostik deh.

Hal lain yang menurut gue lebih lucu lagi, adalah ketika para fanatik menjatuhkan franchise lain yang sebenernya masih masuk dalam satu genre. Yaa..kalau sekedar bilang "gue ga suka franchise itu karena sekian sekian dan sekian" sih normal ya. Setiap orang punya minat masing-masing. Contoh, gue seorang VAddict yang ngga minat sama sekali dengan Twilight. Tapi se-ngga suka-nya gue dengan Twilight, bukan berarti gue harus terus-terusan ribut sama Twihard dong? Lah, masih sama-sama satu genre gitu. Young Adult Fantasy. Bedanya, gue ngga minat sama cerita yang terpusat pada drama romantis. Para Twihard minat sama yang begituan ehehe..yaudah lah yaaa... Kayaknya yang ngikutin FD udah tau juga kalau gue dan Lushka ngga demen banget sama Twilight hehe..but please feel free to be a Twihard. Not our problem or business at all. Betul? Betul!

Karena gue masih terhitung anak baru di komunitas ini..baru kenal setengah tahun, dibanding yang udah kenal tahunan, gue masih hati-hati dalam berkomentar dan memberikan opini. Masih clingak-clinguk observasi karakter masing-masing anggota. Karena gue yakin pasti ada "agnostik" dan "JIL" yang lain di komunitas ini hwehehe....Mungkin yang seumuran gue atau yang lebih muda dikit. Maunya sih bisa nyentil sama yang hardcore. Ngga ada yang sempurna om, tante, mas, mba, dik. Apalagi franchise doang. SUDAH PASTI punya kelemahan di sana sini. Tadinya di sesi tanya jawab yang pertama kali, gue mau nanya "Bagaimana posisi anda semua tentang franchise lain?" terus nyebut-nyebut tentang nilai persamaan hak gitu LoL tapi lagi pada asik ngomongin topik yang lain dan gue belum nemu celah yang tepat untuk nyentil *masih aje setengah tahun bawa misi hahahaha*

Buat yang sudah ada di dalam sebuah komunitas spesifik, semoga ngga fanatik-fanatik amat ya..masih banyak lho hal yang menarik di luar sana yang bisa kita suka dan pelajarin dibanding buang energi untuk nyela komunitas lain. Lagian, lebih enak punya banyak temen daripada banyak musuh kan? Cape, gila *ketawa gaya iklan frozz*

Yosh! Salam olah raga!


Tidak ada komentar: