Laman

Kamis, 28 November 2013

"Ni santas, ni putas, solo mujeres"

(Neither saints nor whores, only women)

Gue ga ada niat sebetulnya ngeblog, niatnya kerja di kantor ini mah. hihi. Tapi tadi iseng-iseng ngedit image amatiran dan nemu gambar ini lagi dan memutuskan untuk membaginya, sama kalian, wahai teman-teman.

Gue lupa nemu image ini dimana, tapi pas ngeliat langsung gue save,
jadi credit belongs to the photo owner. The message is so strong for me.

Apa yang di kepala lo pas baca tag line and foto itu?
Kebebasan? Pengakuan? Kebanggaan? Percaya diri? 
 
Dari jaman gue baru lahir sampai sekarang, isu emansipasi wanita sudah menemukan ruhnya, hidup.Mungkin dari jaman Ibu Kartini (idolakuu) atau Cleopatra bahkan. 

Tadi pagi, di motor gue mikir, di dunia yang sangat modern ini, kita sebagai bagian dari peradaban yang sangat sangat maju kok masih ada aja yang memutuskan untuk ngurusin hal-hal primitif.
Itu terpicu dari kemarin baca tulisan soal perlakuan diskriminatif LGBT di Rusia. 
Disana kayanya parah banget, Ngomongin doang bisa ditangkap.
Defensif amat sih pada manusia ini.

Terus gue jadi mikir lagi, jangankan soal LGBT yang udah punya natural haters (hihi), jadi perempuan aja di sebagian dunia masih diperlakukan sebagai kaum difabel.

dari Wikipedia:

Disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Gangguan adalah sebuah masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya; suatu pembatasan kegiatan adalah kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam melaksanakan tugas atau tindakan, sedangkan pembatasan partisipasi merupakan masalah yang dialami oleh individu dalam keterlibatan dalam situasi kehidupan. Jadi disabilitas adalah sebuah fenomena kompleks, yang mencerminkan interaksi antara ciri dari tubuh seseorang dan ciri dari masyarakat tempat dia tinggal.

Disabilitas atau Cacat (bahasa Inggrisdisability) dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini.

Kenapa gue bilang difabel? Ya kalau KARENA lo perempuan lo dibatasi berpartisipasi di masyarakat (ga boleh nyetir, ga boleh keluar sendiri, ga boleh ikut pemilu, ga boleh orgasme - karena alat kelamin disunat, ga boleh kerja, ga boleh pake rok, ga boleh pake celana panjang, dll) , GENDER lo menjadi batasan, jadi cacat lo.

Kok sedih amat ya, padahal kita mahluk ciptaan Tuhan itu kalo lo ga atheis. 

Jadi perempuan aja susah, ditambah lagi lesbian. hihi. 
Lo mau gimana sekarang? Kalau gue mau mensyukuri, gue di Indonesia, keluarga, teman-teman dan lingkungan masih menerima "keperempuanan" gue.
Gender gue bukan cacat, bukan stigma negatif.

I am accepting. I, Woman.










3 komentar:

Anonim mengatakan...

hy,,gw "nyasar" ke frieddurian kira-kira 2 minggu yg lalu, dan udh beres baca semua, and you know what?Im Hetero and getting marriage :D, ga aneh kan kalo hetero buka blog ttg bukan hetero?to the point ga tau knpa, tiap gw baca yg sweet di blog ini rasanya pengen bgt cpt ktmu cwo gw, tiap tulisan sweet di blog ini bikin gw kagen sama cwo gw (kita LDR),mmm sory to say tp emang ga semua isi blog kalian bikin gw senyum ato ketawa-tawa ada beberapa yg bikin gw mengeriutkan kening,dan ada 1 postingan yg gw ga baca sama sekali, hhe..intinya sih gw makin ngerti kalo yg namanya kebahagian itu cuma kita yg bisa nemuin juga ciptain,,dan kadang harus kita bayar mahal.. :) oia ga tau knpa tiap denger lagu mirror pas bagiamn " show how to fight for now, and I'll tell you baby its was easy" itu inget mithya sama lushka

Mithya mengatakan...

Haha, i dear. First of all THANK YOU banget to come out as another straight reader yg juga bisa appreciate isi blog ini tanpa menghakimi kami yg orientasinya berbeda. SO, salut to you to do that :)

Gue seneng kalau blog ini bisa bikin lo ngerasa kangen juga sama cowok lo hehe...and it's fine kalau ada post yang lo ngga setuju karena namanya juga manusia, kalau homo (sama) semua malah ngerwii..kita bukan di korea utara =P

Anyway, thanks lagi, thanks banget, dan semoga semua urusan lo dengan cowok lo lancar yaa...congrats. Gue ngerti banget rasanya LDRan..berat.

Hope you would drop some more comments and leave a name atau panggilan for us to know you more ;)

Mithya mengatakan...

Oh btw, keren banget lagu Mirror (Justin Timberlake bukan?) ngingetin lo sama gue dan lushka LoL XD