Laman

Jumat, 11 Februari 2011

Duren kena Internet Transmitted Disease

Alhamdulillah setelah mengutak ngatik blog Duren selama 4 hari akhirnya lepas juga dari penyakit Malware yang ternyata udah menjangkiti selama beberapa bulan terakhir. Ngga kebayang deh rasanya panik kayak apa. Satu, gue ngerasa bertanggung jawab banget kalau malware-malware ini menyusup ke komputer temen-temen yang dateng berkunjung. Malware-nya sih bukan salah gue, tapi kalau udah tau tapi ngga diapa-apain kan gue menanggung beban carrier hehe..Dua, gue takut harus menghapus seluruh isi blog Duren. Huhuhu..ini blog umurnya udah 3 tahun. Isinya semua memori gue dan Lushka pula.
Beruntung gue pernah belajar otodidak tentang kode HTML jaman liburan kuliah dulu demi ngutak ngatik layout blog sendiri yang jaman dulu semuanya harus diubah dengan cara manual. Sekarang sih udah dengan gampangnya tinggal klik sana sini dan lo bisa dapetin layout template yang paling sesuai dengan keinginan lo.  Singkat cerita, dari beberapa bulan yang lalu kami sudah diberitahu beberapa temen kalau Fried Durian sulit dibuka tapi kami sendiri ngga menemukan masalah setiap ngebuka si Duren. Melalui pertimbangan untuk memudahkan temen-temen, kami pun mengganti layout dan menghapus widget-widget yang bikin si Duren jadi berat untuk dibuka. Tapi ternyata masalah ngga berhenti disitu, sekitar sebulan kemudian kami diberitahu oleh seorang teman lagi kalau si Duren kena virus. Reaksi gue pastinya bingung banget. Emang blog pribadi bisa kena virus juga ya? Dan sampai disitu aja perhatian gue ke isu ini.
Sampai seminggu yang lalu Lushka ngasih tau gue kalo beberapa temen ngasih tau lagi ke dia kalau Fried Duren ngga bisa dibuka. Atau lebih tepatnya, setiap mau masuk mereka dihadang tulisan peringatan kalau blog kami berbahaya untuk dimasuki. WTF!? Panik lah saya.
Dengan bantuan pacar tersayang, gue dikirimin satu alamat website yang ngebantu ngasih saran ke orang-orang yang website-nya kena malware. Penjelasannya ngga terlalu banyak dan singkat, tapi karena gue ngerti dikit tentang kode HTML, gue masih bisa nangkep dikit-dikit lah apa sih yang dimaksud dengan si Malware ini, apa masalah yang gue hadepin dan apa yang bisa gue lakukan untuk membersihkan si Duren. Gue juga dimudahkan dengan sudah menjadi bagian dari website yang tercatat oleh Google. Hasilnya diagnosa yang dikasih jadi lebih detail.
Malware ini sebenernya salah satu tipe virus yang di-injeksi diam-diam ke website oleh pihak ketiga. Hasilnya, setiap orang yang masuk ke website secara ngga sadar akan mendownload malware yang sama atau hal-hal lain yang intinya membuat si komputer empunya tercemar.  Makanya gue ngerasa berdosa banget kalau membiarkan malware ini tetap buat tenda di website gue.
Singkat cerita, setelah bolak balik mencari si suntikan kode HTML asing di badan blog dan udah gue delete, tapi tetep aja Google bilang para virus-virus keparat itu tetep ada. YANG ARTINYA kode-kode ini letaknya tersembunyi. Gue yang gagap kode gini cuma punya satu jurus terakhir: Menghapus blog. Huks..Lushka berkali-kali bilang “Yaudahlah..itu cuma blog, sayang. Kita buat aja yang baru lagi.” WEITS..gile..CUMA blog. Ini tidak bisa diterima!
Untungnya sih gue udah ngerti yang namanya import-export blog bdari dulu. Udah punya juga saudara kembar duren yang gue pake buat ganti-ganti layout. Jadi proses pemindahan “jiwa” sedikit lebih gampang. Memang ngga terlihat, tapi sebenernya blog yang kalian kunjungi ini bukan duren yang lama. Isinya dan tampilannya masih persis sama, tapi badannya sebenernya punya saudara kembarnya. Sedangkan badan yang lama akan segera gue hapus supaya ngga nyebarin virus lagi buat yang buka.
Untuk para follower, mohon maaf, gue bukan menghapus kalian dari duren tapi memang badannya udah pindah. Sebaiknya kalian segera unfollow duren yang lama. Dan untuk temen-temen yang udah ngasih tau kami tentang keadaan Duren waktu dia lagi “sakit”, kami mau mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya dan minta maaf atas ketidaknyamanan yang sempet kalian alami. Baiknya segera di-scan komputernya. Namanya juga internet, dapet “penyakit menular” bisa darimana aja. Plus, ganti password kalian secara reguler. Password gue dan Lushka ngga pernah diubah selama 3 tahun ini. Ngga heran kalau akhirnya kena bobol malware.
Last but not least, buat yang mau tahu website/blog-nya masih sehat atau ngga, bisa pergi ke alamat  www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=example.com dan rubah example.com dengan alamat website/blog kalian. Kalau butuh penjelasan tentang cara menghapus malware, waktu itu gue terbantu dengan website http://stopbadware.org/home/security. Tentunya masih banyak web lain yang bisa bantu menjelaskan tentang malware selain website ini. Moga-moga kali ini Duren ngga kena penyakit menular lagi ^^
Have a nice day, friends =)

3 komentar:

kriscop mengatakan...

hi mithya,

aku jd kepikiran bikin kembaran blogku. Dan berhasil, horree...

Eh tapi nanya donk, kalo kita udah import gitu, untuk posting selanjutnya dari blog original otomatis di export ke blog baru itu gak sih?

thank u yaaa... :D

Mithya mengatakan...

Horeee ^^

Ngga, import export itu cuma kayak copy-paste isi blog aja. Jadi blog baru ya blog yang punya badan sendiri, ngga terkait apa pun dengan si blog kembaran.

Sinyo mengatakan...

Huhuyyyyyy!!! Akhirnyaaaaa... Ffiuuhhh