Halaman

Senin, 01 Februari 2010

Numpak Motor- Mabur

Ke Jogja kemarin itu pengalaman pertama saya naik motor mabur aka pesawat. Apakah saya ndeso karena baru pisan ndil kuwi numpak motor mabur? Ora i. Biasa wae jebule.

Pertama emang agak grogi-grogi ra cetho. Cuman agak bingung masalah teknis aja. Where to go - what to do. Nanya-nanya Mithya. Abis dari sini kemana terus ngapain.

Oh iya, saya numpak pesawat mure –yere-yere itu, punya negara tetangga yang kita ga sukai tapi produknya kepake.  Air Asia. Dari awal bulan udah booking, bayar. Cari 1st flight, alasan  pertama, waktu saya di Jogja ga banyak dan ke-dua tentu saja karena ekonomis. Rodho pethuk aku ki, pas sudah OK bayar saya baru ngecek, walah tadi saya mencet beli makanan, nasi lemak. 30rb. Ga penting bangetttt. Tapi yo wis lah, sisan, ngerasain sarapan di motor mabur untuk pertama kalinya. Hehe.

Mithya udah berangkat dari tanggal 26 pagi buta, jam 6 pagi take off, jam setengah 4 dari rumah.  Saya, dua hari kemudian 28 pagi buta.

Ndilalahnya lagi, pas tanggal 26 siang, si Mbokku tiba-tiba telp, nanti tanggal 28 mau pulang, mau njaggong kedapuk among tamu sama Bapakku. Lha wis, tak angkati sisan. Ayo Pisuku sing ayu, kita numpak motor mabur, mulih neng Jogjaaa. Ihiiiiii.

Jam 12 malem, baru selesai packing. Lha wong baru mulai jam 11. Hehe. Mandi sisan, ben enggko tinggal ganti baju- cuci muka- gosok gigi - mangkat. Pasang beker, gugah jam 2. Si Mama ra iso turu, asma'ne rodho kumat. Halah Simbok'ki ono ono wae.

And then, jam 2 bangun. Siap-siap cepak-cepak.  Jam 3 udah keluar pager nyegat Bajaj nyengklak neng Gambir. Kita mau numpak Bis Damri ke Bandara Soetta. Bis'e jam setengah 4. Teklak-tekluk berduaan, excited campur ngantuk. Eh, saya deng yang ngantuk. Mama kayanya segar bugar. Di jalan, telponan ama Mithya (ngecheck : udah bawa ini? Itu? Anu? Kuwi? Iku?...Mbokku we nyantai, je. Hehehe). Yo wis, tutup telpon. Ngga berapa lama Mithya sms, Jogja gempa. Sebentar tapi cukup gede. Hajigur!  Saya berusaha cross check, ngecheck detik.com. Si Mama langsung nelp Papa dan mbakyu'nya. Dua-duanya masih beler. Bingung ditanyain gempa atau tidak. Mama dengan nada memerintah suami.."ayo bangun dulu, jangan tidur! Jangan tidur! Nyalain tivi.Siap-siap".  Nadanya juga sama ke kakak perempuannya. Beliau masih trauma gempa besar yang menimpa Jogja 4 tahun silam.

Telp Mithya, bilang ke dia, kalo Papa'ku ga berasa gempa, terus di detik.com juga ga ada berita. Dianya tetep panic. Abis nutup telp, iseng ngecheck ulang Detik.com. Eh, ternyata emang gempa. Halah! Telp Mithya lagi. Dia misuh-misuh. " I know it!" katanya. Tadi abis saya bilang Papa ga berasa gempa, dia berasumsi dia 'diganggu' oleh mahluk halus atau apalah. Hihihi

Ya udin, jam setengah 5 kurang udah nyampe di Terminal 3, terminal domestic, khusus Air Asia and Mandala Airlines. Terminal yang cihuy. Hehe. Beda banget ama yang lain. Eits, jangan dipikir saya belum pernah ke Bandara walaupun saya belum pernah nyengklak motor mabur sebelumnya.

Check in – Bayar boarding pass – naik 1 lantai ke waiting lounge'nya. Cakep yak? Di-dominasi warnanya Air Asia, Merah - Item. Ga kok, saya ga kalap ataupun norak. Saya ga guling-guling di karpet atau jalan miring kegirangan (emang saya kalo girang jalan miring? You wish!). Sempet beli Milo di vending machine. 10 rb dapat dua, iyalah orang 1'nya 5rb.

Kata Mithya, kemaren dia boarding jam 5.20. Jadi saya diharapkan sabar menanti. Sempet ngeliat dua cowok six pack , tathep, maniiis dan ngondek. Pagi-pagi kok udah ngondek. Hihihihi.

Dan tiba waktunya kami numpak pesawat, dapat seat 29 A-B. Belakang aje. Mama'nya yang di window seat, ik di tengah, samping saya kosong. Then, sesuai prosedur.  Memakai sabuk pengaman. (saya udah tau urutannya – banyak kan di pelem-pelem, jadi saya nggak plonga-plongo). Matiin hape juga udah. Nyiapin permen. Mbak-mbak pramugari memperagakan prosedur keselamatan. Saya ngantuk pisan. Mama ceriwis yo wis. Ngajak ngobrol terus. Oh iya, kalo mama saya sudah pernah naik pesawat sebelumnya.  Direncanakan kita terbang selama 1 Jam. The 1st 45 minutes was okay.

15 menit menjelang landing, tiba-tiba telinga kanan saya sakit sangaaaaat. Saya sudah tau bakalan ada perbedaan tekanan yang menyebabkan telinga tidak nyaman. Naik mobil ke tempat tinggi juga bikin tidak enak di telinga. Tapi, tidak nyaman bukan berarti sakit kan? Kan? Kaaaaan?!. Detik itu saya bilang " I hate flying" . Saya tanya mama, apakah dia ngerasa sakit? Simbok geleng-geleng, cuma bilang 'budeg dikit". Arrrrrgh. Selama 10 menit yang menyiksa itu saya kangen banget ama kereta api. Huks.  Emang terbang cuma buat burung. Tuhan kasih kaki biar buat jalan aja. Hehe.

Gilak! Itu telinga kanan saya sakitnya ampun-ampun! Bajigur sumur!!!. Separo kepala saya, mulai dari ubun-ubun sampai leher bagian kanan,  kaya di tusuk-tusuk, ditekan, di bakar,  diinjak-injak, di caci maki – halah.  Pokoknya telinga kanan saya sangat menderita kemarin itu. Padahal saya udah makan permen, nelen ludah, meditasi, nyakar-nyakar kursi, nggedruk-nggedruk dadi Hulk. Tapi tak membantu. Saya mau mewek. Tapi malu sama Mama. Jadi, saya cuma bisa merem melek komat-kamit. Telinga kiri baik-baik saja. Telinga kanan sungguh menyiksa.

Hhh. Akhirnya penderitaan berakhir. Saya mendarat di bumi dengan selamat. Telinga kanan sembuh dengan sendirinya. Masih agak pengeng-pengeng ga enak gitu sih.

Cerita saya fast forward ya? Hari itu saya dan Mithya motor-motoran ke Kaliurang. Ihiiiiiiiiiiir! Senang euy. Bersama Maul dan Luna. Kami bersenang-senang ke Ullen Sentalu, makan sate kelinci yang rasanya abu-abu, ujan-ujanan. Terus menjelang sore, kami turun. Saya dan Mithya naik motor, Maul dan Luna naik mobil.  Pas turun itu telinga kanan saya berkhianat lagi. Sakitnya kumaaaaat. Huwaaaaa. Saking ga kuatnya, saya meminggirkan motor. Mithya khawatir dan mengajak saya ke dokter.

Dari situ kami langsung daftar ke Panti Rapih, jadwal dokternya jam setengah tujuh.  Kita sempet ke Mirota Batik buat belanja dulu. Jam setengah 8 ketemu Brindil yang pengen ikutan ke RS. Terus kata dokter saya, katup telinga kanan saya lemah – ga tanggap buka tutupnya hehehe. Di kasih obat dan disuruh latihan menelan ludah sambil menutup hidung. 

Ada-ada aja. Kemarin tahun baru Mithya yang lari ke RS, sekarang kok saya. Hihi.

Pengalaman saya berangkat kemarin itu, buat saya jadi agak parno pulang ke Jakarta. Mana saya pulang sendiri. Mithya duluan tanggal 29, saya tanggal 30. Kalo nanti saya sakit lagi, terus saya histeris minta turun gimana? Huks.

Mithya sih nenangin, kan saya udah minum obat, latihan menelan ludah. Duh, kenapa saya ga latihan terjun payung sekalian ya? In case saya beneran ga kuat.  Terus D day tiba. Setengah jam pertama itu saya tegaaaang, punggung saya kaku. Ngunyah permen Ricolla eucalyptus ga berhenti. Sampai mati rasa lidah saya kebakar. Dapat window seat eh milih deng, saya picked a seat. Bathuk udah nempel ama kaca, berusaha mengalihkan perhatian dan perasaan takut. Sebelah saya, depan, belakang -  rombongan ibu-ibu yang berisik sampe pengen saya ajakin tanding koprol.

Then lewat setengah jam, saya baru nyadar I didn't feel anything at all. HOOOWRAY!!  Telingaku amaaaan, sejahtera, sehat sentosa. Yiiiihiiii. Ayo numpak motor mabur kemana lagi..

Ps. Entah pengaruh obat atau apa, tapi sekarang telinga kiri saya agak over sensitive, dengar kenceng dikit terus sakit. Sedangkan telinga kanan oke saja. Hihi

Au ah.

Sampai jumpa di numpak motor mabur selanjutnyaaaaaa.

--
www.frieddurian.blogspot.com


--
www.frieddurian.blogspot.com

3 komentar:

AL mengatakan...

Rada pusing bacanya bahasanya campur-campur... Hey, saya juga mengalami hal yang sama. Katanya, telinga pernah kemasukan air. Auah... Tapi rasanya kayak disilet-silet. Diem aja sih, berusaha gak ngeluh, tapi air mata meleleh, hihi...
Well, mudah-mudahan sekarang udah membaik.. :)

[ epentje ] mengatakan...

banyak kali jawa nyahhh.... musti nebak2 buah manggis....

Shifra mengatakan...

Autis! BULUSH ABSURD! HWAHAHAHAHA..
Snang d yg absurd bkn milik s0n0.. Ya kn? X3
*cek tlsan 'IHA'S PR0PERTY' d jidatny bu lush*

Hehehe..syg y kmrn ktmu pas bulush lg skt..next destinati0n yux! Bandung! X3
Ai tgu kisah lanjutny..
*msh g0dek2*