Laman

Jumat, 20 September 2013

suatu sore

Semalem gue ketabok lagi, paling ngga di kepala gue sendiri.

Gue sadar banget, gue itu kritis. (hah!) Sangat peka &  kritis malah, kalau di bikin skala, udah di ambang batas toleransi manusia.

 Bagus dong? Doh Sama sekali engga!

 "Pola kritis" gue ga bikin orang maju, karena pola pikir "peka , kritis dan kreatif"  gue terjadi dengan berbagai kondisi,  syarat utamanya adalah KRITIS "hanya" buat orang lain dan secara negative.

 Maksud gue, gue pinter banget kalau disuruh nyari kesalahan orang dan nyela, gue mampu secara sadar nyerang secara verbal, mengena, tepat menusuk di jantung korban. (kalau dia dengar)

Ataupun cuma "sekedar" bikin list dosa orang dalem hati dan otak dan nyela abis-abisan. (Alasan utama mungkin karena gue ga kenal ama korban secara personal, ini juga karena gue cemen kali ya…Kalo nyela di otak, ga akan dapet perlawanan)

 Eh, tapi biar gitu , tiap kali gue mengkritisi orang , gue ga cuma ngejudge, gue  juga bisa bikin pledoi kalo gue ntar di serang balik. Huh.

 Yang sering gue cela secara ga sadar, hal-hal kecil kaya "manner" orang yang ga bener menurut kaca mata gue. Kaya, buang sampah sembarangan, ngeludah sembarangan, makan sambil bunyi, bersendawa abis makan, ga ngasih duduk orang lebih tua, anak kecil, ibu-ibu hamil. Gue selalu nganggep "secara sepihak" orang – orang ini ga manner, tidak berperasaan, tidak berbudaya (berlebih ga gue?)

Then, voila, I am part of them. Bagian dari kaum marjinal tak berbudaya di kepala gue.

 Jadi ceritanya, gue adalah pengguna trans Jakarta di sore hari, lo tau sendiri deh, kalau di terminal-terminal transit, orang banyak banget yang berjubel. Apalagi musim ujan begini, semua orang buru-buru mau kabur-kaburan. Sore itu, gue ama temen gue mau menuju Plangi, naik dari Harmoni, kebetulan kita dapet tebengen ampe situ.

 As usual, Jakarta sore itu abis diguyur ujan deres, gue berdua menggigil dan pengen banget buru-buru masuk Trans. Sambil berebutan masuk, mata nyalang nyari duduk. Temen gue dapet duluan, so gue berdiri aja dulu. Agak-agak lepek thu. Dingin pula. Brr.

Sampai Bunderan HI ada yang turun, gue secara refleks langsung sigap duduk, gue bersaing ama perempuan lain.Dan yang di kepala, horre duluan gue!! Gue duduk di sebelah mbak-mbak yang menatap ke perempuan 'saingan' gue itu. Mba sebelah gue nanya ke perempuan itu " hamil?" terus dia berdiri ngasih duduk "perempuan saingan" gue itu. She sits next to me. Ternyata dia emang hamil gedhe.

Oh GOD. Gue ngerasa nista banget, apalagi dapet tatapan "ccck..cck. keterlaluan lo" dari ex sebelah gue.Gue pengen ngebela diri " gue ga tau kalo dia hamil…sumpah, gue ga sekeji itu kok…", tapi ga mungkin kan. Once its stated, its stated. Apalagi from a stranger.

hhh…gue malu banget, ketabok dua kali rasanya,

1st, gue ga ngasih duduk orang hamil, pride gue remuk, gue ngelakuin hal yang dilakuin orang-orang tercela…

 2nd gue diingetin kalo otak ama mulut gue yang sering tajem banget nyela kelakuan orang lain tanpa mau tau kenapa orang mungkin bisa ngelakuin itu. (kasus gue, gue pasti akan berbuat yang sama kaya Mba "ex" sebelah gue, gue akan menatap keji si pelaku tindakan amoral itu, tanpa mau tau, kalo mungkin si pelaku ga tau kalo korbannya lagi hamil)

Another lesson for me. Belajar antri mikir, diurutin, liat situasi, mikir yang bener dan secara positif, baru deh boleh komentar.

Tidak ada komentar: