Laman

Kamis, 21 Oktober 2010

Spirit Day 20102010


Kemarin pada tanggal 20 Oktober 2010, atau angka cantiknya (kata yang jualan nomer HP) 20102010 diperingati Spirit day dimana orang-orang di seluruh dunia diminta untuk mengenakan pakaian ungu dalam rangka berduka cita atas peristiwa bunuh diri beberapa remaja gay yang terjadi dalam satu minggu. Para remaja gay ini memutuskan bunuh diri setelah mengalami bullying dan perilaku abuse dari lingkungannya karena mereka gay. Brittany Mcmillan, seorang cewek Canada yang mengusulkan Spirit day ini pertama kali di tumblr-nya karena warna ungu pada bendera LGBTQ menggambarkan spirit atau semangat.



Terlepas dari bunuh diri itu dosa ya teman-teman (sempeet aja gue komentar tentang dosa), ada beberapa hal yang gue rasa perlu disampaikan perihal Spirit day ini. Pertama, gue mendukung spirit day ngga hanya karena ini suatu event yang menentang kekerasan terhadap para kaum homoseksualitas, tapi karena gue menentang segala bentuk kekerasan terhadap siapa pun. Terlebih kalau pada akhirnya si korban memutuskan untuk bunuh diri karena putus asa, mengira ngga ada yang perduli dengan mereka lagi. So people, STOP BULLYING. Kalian yang saat ini sebagai senior di tempat kerja yang ngga suka juniornya kerja lebih rapih dari lo dan sibuk nyuruh-nyuruh atau kakak kelas yang emosi ngeliat adek kelasnya pake rok kependekan dan ngata-ngatain setiap lewat, JUST STOP.


Gue udah pernah bahas betapa bentuk abuse dan bullying itu ngga hanya melalui kekerasan fisik semata, tapi melalui kata-kata yang menyakitkan pun efeknya sama berbahayanya bagi si korban. Jangan kira satu kata “perek” yang kamu ucapkan setiap hari ke seorang adik kelas yang lewat ngga akan berpengaruh banyak untuk dirinya. Udah liat bagaimana setiap tahun dendam tiap angkatan sekolah turun temurun ke adik kelasnya semakin parah?
Udah lihat berapa orang anak sekolah/akademi yang meninggal karena hasil bullying?

 
Spirit day memang ngga bisa dilepaskan dari homophobia dan jujur, gue sendiri masih seorang homophobia. Tapi gue selalu berusaha meninggikan nilai persamaan antar manusia. Setiap orang itu setara dan punya hak untuk memilih apa yang ia percaya atau ia sukai. Setiap orang bertanggung jawab untuk dirinya sendiri dan bukan urusan kita orientasi seksual mereka apa, atau pakaian apa yang mau mereka pakai hari ini, atau mungkin untuk hal sepele seperti jenis musik apa yang orang lain dengerin.




Love and respect, thats all. Semoga kita bisa jadi orang yang semakin baik tiap hari dengan segala awareness yang terjadi disekitar kita. Jangan tutup mata dan kuping kalian dari hal-hal yang baik.


Rest in Peace:


•Justin Aaberg


•Raymond Chase


•Asher Brown


•Harrison Chase Brown


•Caleb Nolt


•Cody Barker


Semoga kesadaran kita bisa mengurangi jumlah orang-orang yang melakukan bullying atau pun korban-korbannya.


Ada beberapa lembaga di Indonesia atau Jakarta seperti arus pelangi yang bisa ngebantu para LBTQ youth atau orang-orang yang butuh tempat untuk konseling atau sekedar berteman (jangan ngomongin cari pacar dulu deh, gue selepet lo..hehe). Google them, they’re exist. And people, hang on, It DOES gets better.

1 komentar:

dhiajeng mengatakan...

sweet :))