Laman

Senin, 11 Mei 2009

Gusti, nyuwun kawelasan.

Mau aku mulih nyambut gawe, perasaanku ra karuan. Gembrebek arep nesu wae. Ngegas-ngegas, mbleyer-mbleyer motor,nyalip-nyalip,golek perkoro. Pisah-pisuh neng njero ati, ra puas karo kabeh sing neng uripku. Gawean, jerawat, lemu, keluarga, wis tumrap cepak kebak.

Ndilalahe,pas wis cedak omah, dalanan rodho macet, goro-gorone ono tukang roti nggenjot gerobake alon-alon. Padal dalananne suempit. Manteb tenan. Untunge aku wis rodo lerem, nek ra wis tak bandem boto lik'e.

Ngarepku pas ki metromini. Lah wis dadi nadyan sing lumrah nek MM ki ra nduwe udel opo eneh utek. Mandeg sak karepe,koyo pitik nelek,sak nggon-nggon.

Nah, MM ngarepku mandeg, ngeduke penumpang. Sing midun, cah wedok enom. Gusti. Aku langsung ngucap 'Yesus, nyuwun kawelasan'. Mbak'e mau, nuwun sewu nggih mbak, praenane koyo munyuk. Rupane klawu. Tenan, ra ngapusi aku.

Aku koyo dijebleske tembok.. 'Ra deng, lebay nek kuwi'. Ning,tenan,aku dadi mikir ulang kahananku. Ming jerawat we, ming lemu we, ming gajine sithik we...hehehe. Hush.

Tak pikir-pikir, coba nek aku sing dadi mbake,gek gek aku umur 5th wis bunuh diri. Iih. Mit amit.

Gusti,kulo nyuwun kawelasan
Parengono dalan padang kagem mbak'e wau, nyuwun berkah bagya marang urip ipun.
Parengono kulo sabar, ati tentrem. Nyuwun dijewer nek kulo nakal lan sombong, mboten eling kulo niki sinten.
Amin.

13 komentar:

Mithya mengatakan...

Wes ewes ewes..bablas anginne...! hehe..sabar ya sayang..istighfar lah dengan caramu sering-sering...selalu lihat orang-orang dibawah kita dan betapa banyaknya rezeki udah dikasih ke kita..aminnn..I Love you so mucho mucho

Anonymous mengatakan...

OMG translasi donkzz!! haehaueuaehua...... cuma ngerti dikit....

Juminten mengatakan...

Duh capek baca postingan bulush kali ini. Udah tebak2 cara bacanya, harus ngartiin juga.. ^^

Lushka mengatakan...

Whahahahaha..semalem minta mithya bacain juga jadi hiburan sendiri.Kagok2.hihihi. Apa gw jadiin lomba aja yaaa?kekeke

Anonymous mengatakan...

keren...keren...

lagi PMS yah mbak waktu itu?? sampe2 ngeliat cwe "munyuk"...

hihihihihihi

-Thut-

Anonymous mengatakan...

ampuuun DJ...
kulo boten ngertos...hihihi...
kocak jg tuh pengalamannya
=D

-raFha-

Anonymous mengatakan...

kak,,aku hanya bisa menghela nafas setelah membacanya..dan menetapkan niat..saya akan kursus bahasa kromo inggil setelah semester ini berakhir.............biar bisa nyaingin bulush nulis postingan pake aksara jawa...huahahahaha...

peace,lushka-san!
-reichaaaaanyangmendadakmerasakemampuanbahasajawanyasangatmemble-

Mithya mengatakan...

Sayang..buat versi indonesia gih...hihihi

Lushka mengatakan...

hahahaha..ga mau.
Biarin aja. Biar pada belajar bahasa jawa. hehehehe

ps.
Apakah anda tahu, jika dalam bahasa jawa, bengkoang itu disebut 'besusu'?

Picank mengatakan...

Aku terjemahkan ya Lush? Kata2 yang dicetak miring, itu aku gak tau artinya.

Tadi waktu aku pulang kerja, perasaanku gak karuan. Gembrebek mao marah aja. Ngegas-ngegas, mbleyer-mbleyer motor,nyalip-nyalip, cari perkara. Maki-maki didalam hati, gak puas sama semua yang ada dihidupku. Kerjaan, jerawat, gendut, keluarga, wis tumrap cepak kebak .

Kebetulan pas udah deket rumah, jalan agak macet, gara-gara ada tukang roti genjot gerobaknya pelan-pelan. Padahal jalannya sempit banget. (saking sempit makannya suempit). Bener-bener mantab. Ungtungnya aku udah rada lerem, kalo gak udah aku lempar batu-bata lik’e.

Pas didepan aku, metromini. Lah udah jadi nadyan yang biasa kalo metromini itu gak punya udel apalagi otak. Berenti seenaknya seperti ayam eek sembarangan.

Nah, metromini didepanku berenti, nurunkan penumpang. Yang turun perempuan muda (cewek). Ya Tuhaaannn.. Aku langsung ngucap ‘Yesus, mohon kawelasan’. Mbaknya tadi, maaf ya mbak, (atau minta duit seribu ya mbak, hehehe..), wajahnya seperti monyet. Rupanya klawu. Beneran, aku gak bohong.

Aku seperti dijedukin ke tembok.. “gak ding, lebay kalo itu”. Tapi bener, aku jadi mikir ulang kahananku. Cuma jerawat aja, Cuma ndut aja, Cuma gajinya sedikit aja.. hehehe.

Aku pikir-pikir, coba kalo aku yang jadi mbaknya, jangan-jangan umur 5 taun udah bunuh diri. Ih amit-amit.

Tuhan, saya mohon kawelasan. (kawelasan apa sih Lush? Kesebelasan?)
Terangilah jalan mbaknya tadi, mohon berkahi hidupnya.
Berilah saya kesabaran, ketentraman hati. Mohon dijewer kalo saya nakal dan sombong, gak inget saya ini siapa.
Amin..

Mithya mengatakan...

HWAHAHAHA....hebat! Ternyata isinya wah juga ya..gue baru tau translate-nya lho. Cuma dapet cerita verbal dari Lushka soalnya.

Kalo yang miring-miring itu ngga tau karena kalian beda dimensi jawa ya? =D

Lushka mengatakan...

Ohh..Juminteeeen. Terima kasih banyak udah di-terjemahkan. Jadi penerjemah tetap gue aja gimana? Gue mau nulis rutin pake bahasa jawa kalo lo mau. Heheeheheheh

By the way, ini sedikit penjelasan buat yang dicetak miring:

* kawelasan : belas kasihan. Term "Gusti nyuwun kawelasan - buat gue kaya : Tuhan ampuni dosaku, Tuhan kasihani aku. Atau kaya astaghfirullah



* Gembrebek : gaduh, berisik, kisruh mao marah aja. Ngegas-ngegas,
*mbleyer-mbleyer motor: memainkan gas motor
*wis tumrap cepak kebak : ungkapan - komplit.

*lerem : reda

*lik’e: dari kata Pak Lik, tapi biasanya digunakan untuk manggil tukang penjual - ex. Abang.

*nadyan : hal

*Rupanya klawu : mukanya kelabu/kulit mukanya abu2.
*kahananku: keadaane.

begitulahhhhh.

Picank mengatakan...

Boleh.. Boleh.. Sekalian bisa buat latihan. Nambah kosa kata baru lagi. Tapi terjemahan jawa - indonesia ya? Kalo indonesia - jawa, aku gak bisaaaaa. Hehehe..