Halaman

Kamis, 14 Agustus 2008

Queer Film Festival, 9 Agustus 2008; Central Cultural Francais; L Word

Sabtu kemarin gue dan Lushka jadi pergi ke salah satu acara QFF. Awalnya sih gue minta kita ke Blitz aja karena gue nih orangnya tukang nge-Mall banget. Tapi Lushka lagi butuh survey motor. She would like to have one. Jadinya gue pikir ya lebih baik pake kompromi aja toh? Lushka bisa tetep survey motor dan gue bisa tetep dateng ke salah satu acara QFF.
Jadi perjanjiannya adalah after dia udah netapin motor idamannya, we could go to the nearest place and time to QFF.

So we went to CCF in time to watch the 17.30 show. Perasaan sih di jadwal judulnya women on top, tapi ternyata the whole theme was L word. Agak-agak pusing juga tuh kita, soalnya kita berdua orangnya sama-sama ngga kuat sama hal-hal yang terlalu Lesbian. In some point, too many of women could really make us feel nausea. Sepanjang film gue masih usaha untuk nonton sedangkan Lushka berkali-kali bilang ngantuk. Tapi hebatnya gue yang berkali-kali nanya tiap satu film pendek selesai, ”Filmnya maksudnya apa sih?” dan Lushka bisa loh jawab..hahaha...

Gue ngga dongo-dongo amat sih sebenernya. Pas dijelasin gue ternyata emang udah nangkep, Cuma gue pikir ada deeper meaning dari yang obviously stated in the screen or the dialouge.

So here is the review. I’m trying OK. Jangan dilempar tomat busuk.

Bend it

Judul filmnya kayaknya sih sama kaya judul lagunya yang jadi pengiring film. Just a film about two butches dancing on top of a box imitating sex. Maju-mundur-depan-belakang-puter puter-hadap depan-hadap belakang. Boring at some point tapi masih bikin gue ketawa ngeliat si cewek sebelah kiri layar niat banget jogednya. Gue punya rasa ngga suka pribadi ngeliat cewek ngebebet toketnya. Jadinya agak-agak ngga nyaman nontonnya.

Dedicated to Rebelsexuals


Ms. Anita Schoepp as director and writer hadir juga di CCF. Gue ngga tau tuh kalo ini filmnya dia. Dari awal dateng ke CCF gue CCP ngeliatin ni bule cantik juga, Hahaha...ampunn yaaanng...Tapi filmnya juga ngebosenin banget. Cuma sekelebat foto-foto polaroid dari seorang cewek yang touching herself. Lushka sih kayaknya ngerti dan ngejelasin ke gue. Gue yang dablek kali ngga ngerti-ngerti. Soalnya durasi 9 menit itu terlalu lama untuk tema ini. Sound yang dipake sih keren. Soalnya spooky banget. Jadi layarnya gelap untuk beberapa detik terus ada sekilas sekelebat atau bagian dari still photograph dari si cewek. Gitu aja berulang-ulang dengan pose-pose yang berbeda.

Gue sih asik ngebayangin sendiri kalo yang muncul lama-lama foto-foto pembunuhan....ehehehe..maafkan...tapi it would be more interesting for me that way.

Eeehh..ternyata cewek di film ini ya si Anita Schoepp itu sendiri. Wow, as she was trying to explain the meaning of the movie in front of me, gue asik takjub menyadari bahwa gue baru ngeliat foto-foto dia bugil. Hahaha…..Setelah mendapat penjelasan dia, gue lebih tertarik dengan cara pengerjaannya. Dia butuh satu tahun buat ngerjain tu film! Duh susah gue ngejelasinnya disini. Intinya dia harus ngeliat hasil film-nya satu-satu untuk bisa dapetin snap shot diri dia. Sedangkan jarak waktu layar gelap dengan si foto polaroid adalah penggambaran jarak waktu dia butuhin untuk dapetin snap shot itu. Ngga ngerti? Bagus.

You and Me

About two young lesbians in China yang udah tinggal bareng. Si tomboy kerja sebagai penjaga tiket di dalem bis kota dan si feminin student pengangguran yang ngga lulus-lulus. The point of the story sih kalo lo pasangan lesbian dan mau tinggal bareng, lo harus siap untuk nerima segala resikonya. Harus punya pekerjaan yang cukup tetap dan bagus supaya idup ngga cuma supaya bisa makan setiap hari doang. Si tomboy juga kalo pulang ke rumah, ibunya kayak pura-pura ngga tau kalo anaknya lesbian dan nanya dia udah punya pacar cowok atau belum. Ending film ini si feminin akhirnya nyerah dan ikutan temennya jadi cewek penghibur buat bapak-bapak kaya.

Director and writer film ini, Siqi Sun, juga jadi bintang tamu. Kekurangan film ini menurut gue minimnya lagu sebagai background supaya penonton ngga berasa budek sama shot-shot panjang yang ngga penting. Lagi-lagi penjelasan pembuatan filmnya yang lebih menarik buat gue. Kata Siqi film ini seharusnya berdurasi 90 menit. Tapi karena kekurangan dana, dia harus memotong filmnya jadi 23 menit. Fakta lainnya yang menarik adalah negara RRC itu ternyata anti pati banget sama yang namanya homoseksual. Semua film-film yang mengandung unsur homoseksual pasti disensor, dipotong, atau dibuat rancu. Begitu juga dengan film Siqi ini. Dia masukkin naskah film ini ke universitasnya yang lagi nyari director muda berbakat untuk ngebiayain filmnya. Tapi naskahnya ditolak karena tema lesbian. Wuih...gue sih ngga nyangka. Gue pikir RRC udah open masalah beginian. At least dibanding Indonesia gitu. Wong foto-foto gay asia yang beredar di internet itu lo kira darimana kan.

Nah, karena Siqi membangkitkan rasa ingin tahu gue, gue jadinya nanya cerita lengkap 90 menit filmnya, hehehe...Ternyata endingnya si Tomboy dan feminin ini kan putus karena kelakuan si feminin jadi cewek penghibur ini. Si Tomboy akhirnya mau nikah dengan seorang cowok pilihan ibunya. On wedding day ternyata si feminin dateng dan menyatakan penyesalannya dan minta second chance sama si Tomboy. Terus mereka kawin lari deh...hahaha...kaya film komik banget ya...

FYI: Gue, Siqi, dan Lushka foto bareng loh!!! Terus jadi deh fotonya berjudul Tiga Babi Beranjak Dewasa...hahaha

In the Theme.

Isinya adalah wawancara dua pasangan butch dari Rusia, Olga and Rechnja. Masing-masing cerita tentang how their relationship is. Mereka udah nikah selama setahun dan tinggal bareng di samping kamar ibunya Olga. Ibu Olga jauh menerima hubungan mereka dibanding ibunya Rechnja yang ngga tau apa-apa. Dan menurut hemat kami (taela), sepertinya Olga agak-agak ”kurang” atau mungkin masih terlalu childish lah kalo sampe udah punya marriage kaya gitu. Judul in the theme ini ternyata merupakan bahasa lokal Rusia untuk menyebut Lesbian karena menggunakan kata Lesbian di Rusia termasuk kata yang cukup jelek maknanya.

Ini salah satu film yang bisa masuk ke kategori bagus buat gue ama Lushka. Soalnya bisa bikin kita ketawa. Gue juga suka dengan gaya interview film ini. I guess gue dan Lushka lebih suka dengan cerita yang lebih menyentuh ke kehidupan nyatanya daripada film-film lesbian yang terlalu melankolis, dramatis dan menye-menye. Ada juga sih sempet kita ketawa bareng pas Olga bilang dia mau mengandung anak mereka berdua. Duuhh..I know itu ngga sopan bangeeeeddd....

Sebenernya agak mengerikan waktu mereka ngeliatin kebiasaan mereka di waktu senggang: GULAT. Hahaha...two big butch pushin each other trying to pinned her partner in bed. Dan ini bukan gulat lucu-lucuan..ini beneran gulat kasar!! OMG!! Ternyata buat mereka itu bentuk latihan kalo mereka harus menghadapi gay basher yang udah biasa terjadi di Rusia. Weleh- weleh...disini religion basher, disana gay basher yah...

Rechnja nambahin kalo bentuk mereka yang kaya lekong itu ternyata supaya dia bisa merasa nyaman di deket-deket Olga karena orang bakalan melhat mereka seperti pasangan hetero. Talkin about insecurities....hmm..

At the end of the streets

A break up story between Alexandra and her girlfriend yang udah punya cewek baru. Ceritanya ngga butuh informasi lengkap of how they break up, why etc, tapi cuma sepenggal moment di kehidupan Alexandra untuk malem itu. Cukup real menurut gue karena ngegambarin how a girl would react if she is being dumped.

Pertama tama Alex beneran ngotot nungguin mantannya yang menolak keluar dari rumahnya sampe mau tiduran di jalan raya. Setelah dia sadar kalo mantannya ngga bakal keluar-keluar, dia akhirnya nekat masuk juga pake kunci punya dia. Alex ngedapetin mantannya lagi dinner sama pacar barunya dan teman-teman lamanya, nice huh? Sambil shock Alex masih punya senjata terakhir buat bikin mantannya kesel. Dia bilang kalo dia mau ngambil barang dia yang masih belum dikeluarin dari rumah mantannya. And guess what? Barang Alex itu ternyata meja makan yang lagi dipake dinner! Hahaha...

Selagi temen-temen mereka berusaha ngeluarin meja itu keluar, mantannya malah masih ngasih kesan kaya dia masih sayang Alex dengan cara kiss her on the lips. Huh! Standar Lesbian bangeeeeddd..ngga tau batas physicall allowed kalo udah putus.

Sisanya adalah gimana keadaan Alex pas lagi depresi-depresinya dan ketemu polisi cowok yang menunjukkan interest ke dia.

A thumbs up dari gue untuk pembuatnya yang bisa bikin sepenggal kehidupan manusia jadi terasa menarik.

Salome
Astagaaa...ngga karuan banget deh ini film. Ceritanya adaptasi dari cerita klasik Oscar Wilde yang dibalut sama all kind of lesbian way you can think of. Murahan, tua, dan norak. This movie only remind me of an old porn movie I have yang judulnya twin killers, hihihi…

Londres-London

Ngga ngasih gue impression apa pun. Paling yang gue inget cuma monolog si tokoh utama yang diulang-ulang. Berusaha ngebuat suatu statement dari seseorang yang kesepian.

Aly M

Another interview. Kurang menarik dibanding In the theme. Kisah hidupnya sih interesting karena apa yang dia rasain pasti happens pada kebanyakan lesbian yang berusaha come out. Battle antara komunitas agama, keluarga, dan dirinya sebagai lesbian. Aly is a lesbian campuran India yang tinggal di Aussie dan akhirnya mendirikan suatu komunitas queer muslim di Aussie. Sepanjang dia cerita, adegan berubah-ubah ke adegan dia main squash like some kind of analogy dari cerita hidupnya.

Seeya Rach
Ini nih baru yang namanya film lesbian yang bagus, ngga perlu pake menye-menye dan melankolis tapi touching banget dengan cara yang agak kasar di ending film, hehe...ceritanya tentang a girl, Mel, yang ngebuat video goodbye buat pacarnya Rachel yang mau sekolah keluar negeri. Isi videonya lucu-lucu banget. Mel usaha buat ngingetin Rachel tentang hal-hal yang menyenangkan selama mereka in relationship. Bahkan di tengah-tengah film pas Mel lagi asik monolog di tempat tidur mencurahkan segala perasaannya buat Rachel, gue jadi ngga tahan buat cium pipi Lushka, hehehe... 5 star for this movie.

Buat gue sih ini merupakan suatu pelajaran ngga lagi-lagi nonton film indie bertemakan lesbian. Sekarang gue agak ngerti kenapa Lushka ngga tahan nonton The L word. Hahaha...

PART II
OPENING PHOTO EXHIBITION: WHAT’S QUEER?
Gue ngga bakal ngomentarin tiap foto kok, tenang aja, Hahaha…kesan gue tentang foto-fotonya: AMATIR. Kadang-kadang MENTAH. Gue ngga nangkep apa yang berusaha dikatakan sama si fotografer atau foto itu sendiri kecuali of course judul pagelarannya dan beberapa line kalimat di bawah foto, hehehe...

Mungkin faktor tiap foto berukuran kecil dan dikasih frame hitam yang terlihat murahan yang bikin ilfil. Tapi kalo dipikir-pikir emang fotografi yang bagus ngaruh sama hal-hal kaya gitu? Thumbs di internet aja bisa bikin kita nge-click kalo gambarnya emang udah ketawan bagus kan?

all pictures above are taken from http://www.qfilmfestival.org/

4 komentar:

Pearly Productions mengatakan...

Hello there, I'm the filmmaker of "Seeya Rach"... Thanks for reviewing my film. Where did you see it? Any chance of getting an English translation of your review?? :)

Mithya mengatakan...

Wow! Cool! We really like your movie! Don't you know there's this yearly Queer Film Festival in Jakarta, Indonesia. And your movie was one of the movie they showed.

Of course I'll try to translate the review. But my english is very poor =D

"This is is what I call a good lesbian movie. It didnt have to be too melancholy and cry-baby but very touching with a brutal ending, hehe..so the story was about a girl, Mel, who would like to make a goodbye video for her girlfriend Rachel that will go abroad for school. The video taht Mel taped was so full funny stories. Mel was trying to remind Rachel of all the good time they had together. Even in the middle of Mel's monologue in bed telling about what she felt for Rachel, I got a big urge to kiss Lushka Cheek, hehehe... 5 star for this movie" (out of 5 of course =) )

Can I add that it is a very nice inspiring movie for all the movie maker that love story doesn't have to be soooo boring and melancholy. I hope I can see another of your work here, soon.

Pearly Productions mengatakan...

Great!!! Thanks for translating that. I'm really happy that you enjoyed my film, and humbled that you blogged about it! It encourages me to make more films.

Thanks!! :)

Anonymous mengatakan...

hey there, my name is anita and i stumbled on your review of Dedicated and was wondering if i could get it translated too. if you can, could you send it to giddygelfling@yahoo.com for me?
thanks for the review.
a